Pembicara Utama

Najwa Shihab

Pegiat Literasi
Topik: "Literasi Multibahasa dan Multibudaya"

Najwa Sihab merupakan seorang jurnalis sekaligus presenter kelahiran Makassar, 16 September 1977. Wanita yang menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia pada tahun 2000 ini mengawali karirnya sebagai seorang jurnalis berita di sebuah stasiun televisi swasta nasional. Namanya mulai dikenal publik sejak membawakan sebuah acara diskusi di televisi bernama �Mata Najwa�. Melalui acara itu, ia berhasil menghadirkan hampir setiap tokoh besar nasional yang datang dari berbagai kalangan mulai dari tokoh politik, ekonomi, hingga kaum selebritas.

Kariernya yang cemerlang di bidang jurnalistik dibuktikan dengan deretan penghargaan yang berhasil ia raih, antara lain: Young Global Leaders 2011 yang diselenggarakan oleh World Economic Forum, Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavorit 2015, Panasonic Awards, The Influential Women of The Year dari Ellie Magazine di tahun 2016, dan salah satu Most Progressive Figure 2016 versi Forbes.

Di samping dikenal sebagai jurnalis yang cerdas dan kritis, wanita yang dibesarkan dari keluarga religius ini dikenal dekat dengan generasi muda yang aktif mendorong berbagai kegiatan literasi. Berkat komitmennya untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih mencintai kegiatan membaca buku, pada tahun 2016 ia ditunjuk Perpustakaan Nasional sebagai Duta Baca Indonesia hingga 2020. Setelah 10 tahun menjadi jurnalis, Najwa kemudian memutuskan untuk mendirikan kanal siaran mandiri bernama Narasi TV yang berfokus menyajikan tayangan-tayangan jurnalistik berkualitas. Hingga saat ini, Najwa masih aktif sebagai seorang jurnalis dan menjadi pembicara di berbagai forum diskusi seputar kemanusian dan pendidikan.

Hubungi Kami
KPSA
Masukkan kode: